Peraturan Gol dalam Sepak Bola 

Peraturan Gol dalam Sepak Bola – Permainan sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menendang bola kian kemari yang bertujuan untuk mencetak gol dan meraih kemenangan.

Pasalnya, Jalannya permainan sepak bola ditentukan terjadinya gol yang dibuat sebuah tim ke gawang lawan dalam durasi pertandingan.

Setiap tim dalam permainan sepak bola mempunyai tujuan untuk menciptakan gol sebanyak mungkin, sehingga muncul selisih dengan kubu lawan dan menjadi pemenang.

Untuk mencetak gol dalam permainan sepak bola, Masing-masing tim harus memasukkan bola ke dalam gawang dengan lebar antar tiang 7,32 m dan tinggi 2,44 m.

Bola dianggap masuk gawang atau gol pada permainan sepak bola apabila seluruh bagian bola melewati garis di antara tiang maupun mistar gawang.

Setiap tim dalam permainan sepak bola mempunyai tujuan untuk menciptakan gol sebanyak mungkin, Sehingga muncul selisih dengan kubu lawan dan menjadi pemenang.

Untuk mencetak gol dalam permainan sepak bola, Masing-masing tim harus memasukkan bola ke dalam gawang dengan lebar antar tiang 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Bola dianggap masuk gawang atau gol pada permainan sepak bola apabila seluruh bagian bola melewati garis di antara tiang maupun mistar gawang.

Apabila masih ada bagian bola,Meskipun sedikit, Yang berada sejajar maupun di atas garis gawang maka gol dinyatakan tidak sah atau tidak terjadi. Selain itu, Menurut buku Law of The Game oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), Sebuah gol dinyatakan sah apabila selama proses atau rangkaian serangannya tidak ditemukan pelanggaran.

Jika seorang penjaga gawang secara sengaja maupun tidak melemparkan bola langsung ke arah gawang lawan, maka gol dinyatakan tidak sah dan kubu lawan mendapat tendangan gawang.

Wasit memiliki hak untuk memutuskan terjadi gol atau tidak setelah melihat bola masuk seluruhnya ke dalam gawang, termasuk dengan bantuan alat dan teknologi.

Namun, jika wasit memberi sinyal sebelum bola tidak seluruhnya masuk ke dalam gawang, Maka permainan diulang dengan drop ball. Dalam sebuah pertandingan dengan keberadaan asisten wasit dengan bantuan video (VAR), Maka wasit dapat meninjau proses terjadinya gol dan menganulirnya apabila ditemukan kesalahan atau pelanggaran.

Setelah sebuah tim secara sah dianggap mencetak gol ke gawang lawan, maka permainan diawali kembali dengan sepak mula dilakukan oleh tim yang kemasukan bola. Peraturan permainan dari IFAB, menyebut terdapat hukuman keras kepada pemain yang menghalangi terjadinya gol atau peluang bersih dari tim lawan.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.