5 Jenis Ayam Aduan Paling Populer dan Banyak Dicari

5 Jenis Ayam Aduan Paling Populer dan Banyak Dicari, Ayam sebagai salah satunya jenis unggas yang umum dipiara oleh warga Indonesia. Ayam piaraan sebagai turunan langsung dari salah satunya subspesies ayam rimba yang dikenali sebagai ayam rimba merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (Bankiva fowl).

Menurut riwayat dan kategorisasinya, ayam yang saat ini dipiara manusia datang dari ayam liar. Selanjutnya ayam yang sudah jinak disilangkan atau dikawinkan dengan tipe ayam yang lain.

Selainnya ayam pedaging yang banyak dicari warga karena kepentingan untuk dimakan, jenis ayam yang lain yang tidak kalah terkenal dari ayam pedaging ialah ayam petarung atau ayam pengaduan. Ayam pengaduan ialah ayam yang berkekuatan fisik, ketahanan pada pukulan, psikis, dan kemampuan dan ketepatan pukulan yang bagus. Ayam pengaduan dikenal juga mempunyai watak pejuang.

1. Ayam Bangkok (Thailand)

Tipe ayam pengaduan yang pertama ialah ayam Bangkok. Ayam ini dapat disebut terpopuler di kelompok pencinta ayam pengaduan, karena dipandang mempunyai naluri yang kuat (pintar) saat bertanding.

Disamping itu, ayam Bangkok mempunyai bentuk badan yang baik karena tinggi tubuhnya benar-benar bagus. Satu ekor ayam Bangkok bagus mempunyai ketahanan pada pukulan, mempunyai pukulan yang keras, dan mempunyai kegesitan saat bertanding.

Oleh karenanya, umumnya pecinta sabung ayam pilih ayam Bangkok sebagai ayam pengaduan.

2. Ayam Burma

Tipe ayam pengaduan selanjutnya ialah ayam Burma datang dari negara Myanmar. Ayam pengaduan ini populer dengan semangat bertandingnya yang mengagumkan.

Dalam pertempurannya, ayam tipe ini umumnya memakai skema serang. Ayam tipe Burma mempunyai pukulan depan yang bagus dan selalu tekan musuh. Namun bentuk ayam Burma termasuk kecil, hingga mempermudah ayam musuh untuk memukulnya.

Disaksikan dari sikap petarung yang dipunyai ayam Burma, tidaklah aneh jika selanjutnya banyak peternak yang silangkan di antara ayam Burma dan ayam Bangkok yang diharap memiliki turunan yang bawa karakter indukannya disamping itu mempunyai tujuan untuk membenahi bentuk badan anak yang dibuat.

3. Ayam Philipine

Ayam tipe Philipine populer dengan kecepatan geraknya saat bertanding, karena ayam ini terhitung tipe ayam pengaduan taji (pisau) dan banyak ayam tipe pengaduan taji yang lain rerata memiliki ciri-ciri fisik dan kecepatan hampir serupa dengan ayam ini.

Karena, kecepatan bertandingnya dan bentuk badannya yang kecil membuat ayam Philipine benar-benar susah dipukul oleh rivalnya saat bertanding. Ayam ini biasa dipakai untuk sabung ayam taji, karena loncatan ayam ini termasuk juga tinggi yang beresiko bila berkenaan mata ayam musuh.

4. Ayam Brazilian

Ayam tipe Brazilian sebagai ayam pengaduan yang dari negara Brasil. Ayam ini populer dengan kecepatan pukulannya.

Ayam Brazilian rerata mempunyai warna merah sapi atau oranye. Ayam tipe ini mempunyai tinggi tubuh dan bentuk yang hampir serupa dengan ayam Bangkok. Tehnik bertanding ayam ini condong mempunyai pukulan yang cepat, namun ayam ini kurang mempunyai ketahanan pada pukulan musuh.

Ayam Brazilian termasuk jarang ditemui di Indonesia, cuman peternak besar yang mempunyai ayam Brazilian.

5. Ayam Siam

Tipe ayam pengaduan setelah itu ayam Siam. Tipe ayam ini umumnya mempunyai karakter tidak mudah menyerah dalam pertempuran, mempunyai pukulan yang lumayan keras dan kecepatan standard, dan tehnik bertanding yang paling variasi.

Ayam Siam performanya hampir serupa dengan ayam Bangkok, tehnik bertandingnya juga hampir serupa macamnya. Ayam Siam terhitung ayam yang difavoritkan di kelompok penyabung ayam karena bentuk badannya yang tinggi, hingga ayam ini terhitung ayam yang susah dipukul oleh rivalnya.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *